|
A A

Sekar Utami Setiastuti

Editor

Sekar Utami Setiastuti adalah staf pengajar di Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Bidang spesialisasinya adalah makroekonomi, ekonomi fiskal, ekonomi moneter, dan ekonomi pembangunan. Sekar mulai menjadi “person in charge” di Macroeconomic Dashboard FEB UGM pada 1 Agustus 2018 menggantikan Muhammad Edhie Purnawan yang tengah bertugas sebagai anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI).

Selain menjadi dosen di FEB UGM, Sekar juga aktif melakukan berbagai penelitian di bidang makroekonomi seperti yang terdapat dalam salah satu jurnal terbarunya yang berjudul “Time-varying Macroeconomic Impacts of Global Economic Policy Uncertainty to a Small Open Economy: Evidence from Indonesia”. Mulai Januari 2019 ini, Sekar juga semakin mengukuhkan dirinya aktif dalam dunia penelitian dengan menjadi direktur pengelola di Journal of Indonesian Economy and Business UGM.

Sekar memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari FEB UGM jurusan Ilmu Ekonomi pada Mei 2008. Selanjutnya, pada Oktober 2010, Sekar menyelesaikan gelar masternya dalam International Money, Finance, and Investment (M.Sc.) di Durham University. Kemudian, Sekar juga menyelesaikan master di bidang ekonomi (M.Ec.) di North Carolina State University pada Desember 2014. Begitupun untuk gelar Ph.D. in Economics yang juga diperoleh di universitas yang sama pada Juli 2018.

Hanif Ratnayunia Wijajna

Research Assistant

Hanif telah bergabung dengan Macroeconomic Dashboard sejak Januari 2018. Hanif saat ini merupakan sarjana lulusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada pada tahun 2019. Dalam bidang ekonomi, Hanif memiliki minat utama dalam ekonomi pembangunan, terutama terkait pembangunan sumber daya manusia, tenaga kerja, dan pendidikan. Sedangkan, minat lainnya terletak pada ekonomi Islam dan makroekonomi secara umum terutama pada bidang fiskal. Selanjutnya, di Macroeconomic Dashboard FEB UGM Hanif berfokus pada pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan data CEIC, pemeliharaan website Macroeconomic Dashboard, update data di Infogram Macroeconomic Dashboard, serta mengurus administrasi Macroeconomic Dashboard.

Immanuel Satya Pekerti

Research Assistant

Immanuel mulai bergabung dengan Macroeconomic Dashboard sejak Januari 2019. Immanuel saat ini merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Dalam bidang ekonomi, Immanuel memiliki minat di bidang ekonomi pembangunan terutama pada dimensi spasial pembangunan. Sedangkan di Macroeconomic Dashboard FEB UGM sendiri Immanuel lebih berfokus kepada tugas yang terkait dengan pembuatan infografis Macroeconomic Dashboard FEB UGM yang dipubliksikan tiga kali dalam sebulan.

Romadhon Falaqh

Research Assistant

Romadhon Falaqh atau akrab dipanggil Ifal mulai bergabung dengan Macroeconomic Dashboard sejak Januari 2019. Ifal saat ini merupakan lulusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada pada tahun 2019. Dalam penelitian ekonomi, Ifal memiliki minat yang mendalam pada bidang makroekonomi secara umum serta ekonomi moneter. Sebagai asisten Macroeconomic Dashboard FEB UGM, Ifal bertanggung jawab pada tugas yang terkait dengan pembuatan data series penelitian Exchange Market Pressure Index (EMPI).

M. Nabiel Arzyan

Research Assistant

Nabiel mulai bergabung dengan Macroeconomic Dashboard sejak Juli 2019. Saat ini, Nabiel masih menjadi mahasiswa di jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Nabiel memiliki minat penelitian ekonomi makro terutama pada bidang ekonomi moneter dan finansial. Tugas Nabiel di Macroeconomic Dashboard FEB UGM adalah terkait dengan pembuatan infografis yang dirilis tiga kali dalam sebulan.

Abi Abdurrohman Fariz

Research Assistant

Abi mulai bergabung dengan Macroeconomic Dashboard sejak Juli 2019. Abi saat ini merupakan mahasiswa tahun ketiga pada jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Abi sendiri memiliki minat penelitian terutama di bidang ekonomi publik tentang kebijakan publik dan ekonomi internasional yang terkait dengan nilai tukar. Dalam Macroeconomic Dashboard FEB UGM, Abi bertanggung jawab pada segala pekerjaan yang terkait dengan desain termasuk desain infografis, infogram dan keperluan lain di Macroeconomic Dashboard.

Defisit Neraca Perdagangan Januari – Desember 2018 (ytd) mencapai US$8,57 billion (BPS)  *  Inflasi Desember 2018 tercatat sebesar 3,13% y-o-y (BPS).  *  Neraca Pembayaran Indonesia pada September 2018 (Q3) mengalami defisit hingga US$4,39 Billion (BPS)  *  Neraca Transaksi Berjalan Indonesia Kuartal 3 2018 mengalami defisit terdalam selama 5 tahun terakhir mencapai US$8,85 billion (BPS)  *  Info terbaru