|
A A

Muhammad E. PURNAWAN

Editor

Muhamad Edhie Purnawan adalah staf pengajar dan juga wakil dekan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Bidang spesialisasinya adalah ekonomi moneter dan ekonomi finansial. Edhie diangkat menjadi “person in charge” di Macroeconomic Dashboard FEB UGM pada 1 Desember 2015 menggantikan Denni Puspa Purbasari yang bertugas sebagai Deputi III Bidang Manajemen Isu Strategi di Kantof Staf Presiden Jakarta.

Selain mengajar, Edhie juga melakukan penelitian, pelatihan, dan mempublikasikan paper dalam bidang bank sentral, kebijakan moneter dan keuangan dengan pusat Bank Indonesia, lembaga keuangan, dan bank-bank swasta, serta lembaga-lembaga internasional seperti World Bank, JICA, ACIAR Australia, ADB, dan IDB, Monash University dan The University of Melbourne.

Edhie mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari FE UGM jurusan IESP, MA in Economics dari Monash University, dan Ph.D. in Monetary & Financial Economics dari The University of Melbourne.

Geraldo SIHOTANG

Research Assistant

Geraldo telah bergabung dengan Macroeconomic Dashboard sejak April 2016. Geraldo memiliki spesialisasi pada bidang ekonomi global di dalam Indonesian Economic Review and Outlook (IERO). Saat ini, Geraldo yang merupakan mahasiswa tingkat akhir pada jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, tengah menyelesaikan tugas akhirnya.

Prabaning TYAS

Research Assistant

Tyas mulai bergabung dengan Macroeconomic Dashboard sejak Agustus 2015. Bidang spesialisasinya adalah ekonomi makro, khususnya topik pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, dan ketenagakerjaan pada publikasi kuartalan IERO (Indonesia Economic Review and Outlook). Tyas merupakan mahasiswa di Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Saiful Alim ROSYADI

Research Assistant

Saiful bergabung sebagai asisten peneliti sejak September 2016 dan berspesialisasi di topik pasar obligasi serta GAMA LEI. Saat ini, Saiful aktif terlibat di dalam beberapa proyek riset dan tengah menyelesaikan tugas akhirnya yang bertemakan perdagangan internasional.

Basu Gede PANGESTU

Research Assistant

Basu bergabung di Macroeconomic Dashboard sejak Februari 2017 dan berspesialisasi di topik pasar komoditas dan Daily Market Updates. Saat ini, Basu masih aktif sebagai mahasiswa tingkat akhir di Jurusan Ilmu Ekonomi UGM dan tengah menuntaskan tugas akhirnya.

Reza Bangun MAHARDIKA

Research Assistant

Reza menjadi asisten peneliti di Macroeconomic Dashboard terhitung sejak Februari 2017. Reza berspesialisasi di topik inflasi regional. Sekarang, Reza sedang menuntaskan tugas akhirnya yang menyoroti persoalan modal sosial di masyarakat.

Revonanda Avry LAKSONO

Research Assistant

Revo bergabung sebagai asisten peneliti sejak Februari 2017. Revo berspesialisasi di bidang perbankan dan merupakan alumni Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Maret 2016, utang luar negeri Indonesia tercatat sebesar USD315,985 juta atau meningkat 1,20% (m-t-m). (Bank Indonesia)  *  Mei 2016, cadangan devisa Indonesia sebesar USD 103,59 miliar, lebih rendah dari bulan sebelumnya. (Bank Indonesia)  *  Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,24% m-t-m atau 3,33% y-o-y pada Mei 2016. (BPS)  *  Hasil RDG BI 17 Maret 2016: BI Rate turun 25 bps ke level 6,75%. (Bank Indonesia)  *  Info terbaru